Roma 11:36

Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia:

Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!

 

Kepala Gereja telah mendirikan dan menumbuhkan gerejaNya, Gereja Kristen Alkitab Indonesia jemaat Ciputat. Ia senantiasa menganugerahkan pemeliharaanNya dan tiada suatu kuasa manapun yang dapat mengalahkannya (Matius 16:18). Allah juga melengkapi PengerjaNya dengan Roh Kudus dan kemampuan-kemampuan di dalam melayani Gerejanya.

Kepemimpinan Gereja  yang membangun pertumbuhan harus bersinergi dan berperan secara aktif dalam setiap aspek peran yang telah dianugerahkannya, yaitu sebagai Pemimpin Rohani, Manajer Rohani, Organisator Rohani, Administrator Rohani dan penatalayan Jemaat.

Sejak berdirinya, GKAI jemaat Ciputat tidak luput dari ujian dan pergumulan di dalam pelayanannya. Namun perlindungan dan pertolonganNya tidak pernah terlambat. Untuk itulah maka selayaknyalah Gereja terus menerus melengkapi dan memperbarui dirinya, agar dalam situasi apapun, Gereja  berupaya menjadi Gereja  yang dikehendaki Allah (Efesus 4:1-16).

Menyadari perlunya Gereja  untuk terus menerus memperlengkapi dan membangun diri, mendorong Gereja  dengan berbagai upaya yang ada padanya untuk terus menerus melakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan. Dimulai dari Kepemimpinan Gereja yang terdiri dari Gembala Sidang, Majelis Jemaat, Pengerja dan Pengajar Jemaat. Kemudiaan diikuti dengan perbaikan di sisi penatalayanan Jemaat.

Membangun pertumbuhan Jemaat merupakan  suatu panggilan Gereja. Meskipun Pemimpin Gereja adalah manusia biasa yang memiliki berbagai keterbatasan dan kelemahan, namun Allah sendirilah yang menghendaki. Allah menghendaki agar orang-orang beriman menggunakan seluruh kemampuannya untuk ikut ambil bagian dalam karya-Nya (Mat. 22: 37-40).

Oleh karena itu, Allah sendiri pula yang memperlengkapi orang-orang beriman untuk ikut ambil bagian dalam pekerjaan-Nya (I Kor. 12:4; I Kor. 14:12), dan yang pada akhirnya Allah jugalah yang menyempurnakan pekerjaan orang beriman dalam pembangunan Gereja -Nya (I Kor. 13:8-12). Apa yang dilakukan oleh Allah dan yang juga dipercayakan kepada orang-orang beriman, itu Allah lakukan dengan tujuan agar Kerajaan Allah semakin terwujud di dunia ini menuju kepada kesempurnaannya, yang berlangsung secara bertahap sebagai suatu pertumbuhan (I Kor. 3:6; Wahyu 21:2)

    Dari apa yang telah diuraikan di atas dapat dikatakan bahwa sebagai suatu panggilan, Pembangunan Jemaat adalah upaya orang-orang beriman untuk melibatkan diri dalam pekerjaan Allah, dengan bimbingan Roh Kudus serta terbuka menggunakan ilmu pengetahuan yang dimiliki secara bertanggung jawab, dan dilakukan tahap demi tahap, sehingga Gereja  menjadi seperti yang dikehendaki oleh Kristus.

     Dengan beriman kepada Tuhan Yesus Kristus Kepala Gereja dan menundukkan diri terhadap pinan Roh Kudus, niscaya pelayanan di GKAI Ciputat akan menghasilkan Kepemimpinan Gereja yang membangun pertumbuhan Jemaat, demi hormat dan kemuliaan namanya.

 

Kemuliaan hanya bagi Tuhan Yesus Kristus, Kepala Gereja.