Pemerintah RI telah mencanangkan bahwa setiap tanggal 23 Juli setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Tema Hari Anak Nasional 2008 adalah SAYA ANAK INDONESIA SEJATI, MANDIRI, dan KREATIF. Dan subtemanya ANAK INDONESIA SEJAHTERA, BERKUALITAS dan TERLINDUNGI !! “

 

Bagi masyarakat Batak secara umum, anak merupakan harta kekayaan. Sehingga ada lagu yang berjudul “Anakkon hi do hamora on di ahu”.

 

Secara cepat mencari kata “anak” di http://www.sabda.org/sabdaweb/search/?p=anak&o=20 kita akan mendapatkan 1614 kata. Saya coba berhitung jika dalam 1 tahun ada 365 hari, maka 1614/365 = 4. Berarti dalam setiap harinya, sedikit-dikitnya 4 kali kita memikirkan mengenai ANAK.

 

Dalam hal ini saya melihat bahwa dalam melihat/menilai ANAK bukan merupakan hal yang sekedarnya atau tidak penting. Ternyata bahwa baik dari sisi Alkitab, dari sisi bagian dari budaya/suku bangsa dan dari sisi sebagai Negara/pemerintah; ANAK merupakan hal yang sangat penting.

 

Maka mari sebagai Orang Tua, kita lebih bersungguh-sungguh lagi merencanakan yang terbaik bagi anak-anak kita. Dengan membimbing dan mengarahkan anak-anak untuk percaya kepada Tuhan Yesus dan hidup sebagai anak-anak terang, dengan memberikan keteladanan Kristiani dalam kehidupan sehari-hari.

 

Selamat Hari Anak Nasional.