MENJADI SAKSI KRISTUS

 

PENDAHULUAN

Tujuan  pertama gereja adalah memberitakan injil ke seluruh dunia sebagaimana Yesus Kristus sudah datang ke dunia untuk mencari dan menyelamatkan manusia yang hilang, demikian juga  dengan orang  Kristen, yaitu gereja, pada zaman ini adalah untuk mengambil bagian dalam penginjilan  melalui kesaksian  tentang Yesus Kristus yang menyelamatkan manusia. Menjelang kenaikanNya ke sorga Yesus memberikan tantangan yang penting kepada Murid-muridNya untuk menjadi saksi-saksiNya bagi dunia.

 

I.   Di mana kita mulai bersaksi

            Dalam Alkitab disebutkan tentang tingkatan jangkauan kesaksian para murid. Yesus menyuruh para rasul agar menjadi saksiNya di Yerusalem, kota tempat mereka tingal ; kemudian ke Yudea, daerah mereka; lalu sampai ke Samaria daerah  bersebelahan dan akhirnya sampai keujung bumi. Apa maksud dengan memberitakan injil  ke ujung bumi, saya yakin hal ini dimulai dari dunia yang dekat dengan kita, yaitu lingkungan kita orang-orang yang kita “sentuh” akan menyentuh orang-orang dilingkungan sebelahnya yang kemudian akan menyentu orang lain lagi dalam  mata rantai hubungan manusia yang meliputi dunia ini sehingga pada akhirnya  injil  didengar semua orang,  kita hidup disatu sudut kecil didunia ini, tapi jika kita sungguh2 setia disudut itu, maka akan mempengaruhi banyak orang disekitar kita.

 

2.   Bagaimana cara kita bersaksi

            Semua orang percaya dipanggil untuk menjadi saksi : hanya beberapa orang yang mempunyai karunia untuk memberitakan injil. Karunia ini nyata dalam kemampuan menarik orang lain yang tidak dimiliki oleh setiap orang kristen tetapi sebagai saksi Kristus, semua orang Kristen dipanggil  untuk membagi iman mereka kepada orang lain dengan cara memakai kesempatan  yang diberikan oleh Roh Kudus. Tidak cukup bagi kita hanya menjadi contoh yang baik: secara pasti kita dipanggil untuk memberitakan  “ kabar baik “ .

            Setiap orang percaya bisa menceritakan apa yang dikerjakan Kristus didalam hidupnya. Saudara bisa membagi iman saudara melalui surat kepada teman saudara atau juga dalam percakapn dengan orang yang mengadakan hubungan dengan saudara. Saudara bisa memakai bahan-bahan dari beberapa buku mengenai cara-cara penginjilan. Yang penting saudara  perlu terus bertumbuh secara rohani dan tetap sejalan dengan Roh Kudus sementara Ia membuka kesempatan-kesempatan bagi saudara untuk menyaksikan iman saudara  kepada orang lain. Ingat tugas saudara hanya memberitkannya (bersaksi) Roh Kuduslah yang  selanjutnya bekerja dalam hidup pendengar.

 

PENUTUP

          Semua orang kristen dipanggil untuk menjadi saksi Kristus didunia ini.

          Kesaksian kita efektif hanya bila  Roh Kudus sudah membuka pintu bagi kita

          Kapan saja kita bersaksi dan pada tingkat apapun, merupakan hal yang penting yaitu hindari anggapan bahwa diri kita lebih suci.

D. Lumantow