Headline KOMPAS Senin 8 September 2008 diberi judul “Parpol Kawal Basis Massa” menarik untuk dibaca sambil tersenyum. Menu yang agendakan adalah menu yang sudah lama dan selalu di ulang-ulang, yaitu dimana sejumlah tokoh parpol menegaskan, strategi untuk mempertahankan basis massa menjadi agenda prioritas partai untuk merebut kemenangan pada Pemilu 2009.

Jika kita menyimak KBBI, Ba-sis berarti n asas; dasar; pangkalan. ber·ba·sis·kan v menjadikan sesuatu sbg basis. Mas-sa memiliki beberapa arti dan diantaranya adalah jumlah yg banyak sekali; sekumpulan orang yg banyak sekali (berkumpul di suatu tempat atau tersebar): kelompok manusia yg bersatu karena dasar atau pegangan tertentu: organisasi –; biasanya massa ini mudah terbawa arus politik; — rakyat rakyat banyak.

Kegiatan pelatihan pengkaderan, memperluas jaringan kader partai dan pembinaan-pembinaan kepada rakyat menjadi kurikulum penting didalam agenda politik parpol. Istilah yang dipakai oleh salah satu parpol yaitu Direct Selling, door to door campaign. Hmm… istilah ini menarik juga untuk direnungkan… Oh iya ada juga di halaman 6 dengan judul Kekuatan Parpol pada Pemilu 2008, dimana disana dituliskan mengenai peta kekuatan politik 2009 serta pengelolaannya.

Di sudut lain dikupas kasus penjualan LNG Tangguh dengan harga murah ke China yang berpotensi merugikan negara bisa mencapai 75 Miliar Dollar AS atau sekitar Rp 700 Triliun selama 25 tahun masa kontrak, ditambahkan lagi potensi kerugian ini akan membengkak jika formulanya tidak dirubah sesuai harga menyak dunia sekarang ini.

Sebenarnya jika kita membaca lebih lengkap koran tersebut akan ditemukan lebih banyak lagi realita yang sedang terjadi disekitar kita. Ada yang mati-matian memikirkan kepentingan pribadi dan-atau golongannya vs ada juga yang bekerja mengevaluasi kebijakan-kebijakan apa yang merugikan rakyat secara nasional.

Bagaimana dengan kita sebagai profesional Kristen yang berkarya melalui pekerjaan yang dipercayakan kepada kita, apakah kita akan terlibat dalam memikirkan kepentingan pribadi/golongan atau kepentingan yang bersama dalam berbangsa dan bernegara? Di kantor maupun di masyarakat, kiranya Tuhan menolong kita untuk mengerti kehendak Allah dan hidup berkenal kepadaNya.

And be not conformed to this world: but be ye transformed by the renewing of your mind, that ye may prove what is that good, and acceptable, and perfect, will of God. Romans 12:2