Pertanggungan Jawab

…ber …ber …ber, sekarang sudah memasuki bulan berakhiran “…ber” (september, oktober, november dan desember, artinya perlu kembali dipersiapkan datangnya musim penghujan. Persiapkan apakah atap ada yang perlu diperbaiki/diganti agar tidak terjadi bocor, persiapkan membeli ember baru untuk menampung jika ada kebocoran didalam rumah karena ember yang lama sudah ikutan bocor, persiapkan kebersihan parit dan selokan agar tidak menghambat aliran air pembuangan rumah tangga.

 

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, persiapkan juga segala sesuatunya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan. Bagi yang menggunakan motor, selain kelengkapan motor perlu dipersiapkan juga jas hujan. Agar disepanjang perjalanan baik itu berangkat atau pulangnya tidak terlalu terhalang oleh air hujan, apalagi smpai basah-basahan. Gunakan jas hujan yang mudah dan nyaman pemakaiannya, lebih baik dari bahan yang lentur namun tidak mudah sobek, sebaiknya gunakan warna yang terang – apalagi penggunaan dimalam hari agar terlihat oleh pengendara yang lainnya dan perhatikan juga agar tidak menggunakan jas hujan model Superman… karena bisa membahayakan diri sendiri karena tersangkut di gir roda atau berkibar-kibar kesamping-kebelakang membahayakan pengendara lainnya.

 

Jika datangnya musim penghujan bisa kita ketahui (meski hanya prediksi/kebiasaan yang tidak terlalu pasti) dan kita mempersiapkan segala sesuatunya.. demikianlah hendaknya dengan keseharian rutinitas hidup kita. Kita memiliki rencana-rencana dan kita berharap agar rencana tersebut dapat berjalan sesuai rencana dengan mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya, dan jika perlu kita periksa ulang apakah persiapan itu sudah lengkap semuanya. Kita tidak tahu dengan pasti apa yang akan terjadi di depan nanti namun kita beriman bahwa perlindungan dan penyertaan Tuhan itu beserta kita, Imanuel.

 

Mulailah segala sesuatu dengan doa dan ucapan syukur kepada Tuhan Yesus Gembala yang Baik, harapkanlah perlindungan dan penyertaannya sepanjang sisa hidup kita. Bagian kita juga, usahakanlah sedemikian rupa untuk dapat mempertanggung jawabkan kehidupan kita setiap saat dengan benar dalam terang firmanNya.

 

 

Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat, I Petrus 3:15

One thought on “Pertanggungan Jawab

  1. Thumbs up! Buat Bang Lian.

    Selama ini aku cukup mengikuti tulisan2 bang Lian, walaupun kadang tidak membaca sampai tuntas, but he is good at it.

    Bang ngomong2 tentang karya tulis abang, saya setuju tiap tulisan abang pasti diangkat atau langsung dengan kehidupan kita sehari2 dan realita kehidupan, karena dengan begitu karya2 seperti ini akan lebih meresap dalam hati dan pikiran kita.

    Ada beberapa sih yang memang aku alami juga, kalau ngak salah headlinenya “IF YOU’RE TOO BUSY TO SPEND TIME WITH GOD, THEN YOU’RE SIMPLY TO BUSY”. When I read this big, thick, bold headline…..I feel like someone stabbed my heart to death.

    Yah tapi it just a beginning, ketika aku scroll down lagi kebawah, aku melihat lagi (let me call it) sub-headline yang tidak kalah bold-nya, yaitu “If you don’t feel like you’re getting the love you should get, then maybe you should ask yourself if you’re giving the love you should give”…. WOW..itu mengena juga…aku langsung berpikir bahwa tulisan2 seperti ini really works untuk orang yang benar2 dalam pergumulan baik dalam imannya maupun hal2 duniawi yang sedang mereka hadapi.

    Singkat kata sebenarnya kemarin ketika saya nonton MetroTv, kalau ada yg lihat jg, sebuah documenter membahas tentang rahasia bumi kita terutama dikaitkan dengan sistem tata surya dan galaxy2 di luar angkasa sana. Saat itu narator membahas tentang bintang dan benda2 luar angkasa dan ilmuwan2 sedang menyelidiki bagaimana awalnya dunia ini terbentuk (yang sampai sekarang belum terungkap), saya berpikir bagi kita orang percaya bahwa alam semesta dan seisinya ini adalah ciptaan yang maha kuasa.

    Lalu saya berpikir para ilmuwan2 dan orang2 yang pakar dalam hal ini, apakah mereka tidak percaya akan Tuhan? Di sisi lain saya berpikir mungkin juga semua ini jalan Tuhan, Dia menciptakan makhluk yang pintar2 luar biasa ini, melakukan penyelidikan, penelitian, pencarian tentang rahasia awal terbentuknya bumi yang malahan akan meyingkap tirai tentang kebesaran Allah itu sendiri.

    Maksud saya begini, sangat ironis ketika manusia ini tidak percaya bahwa alam semesta diciptakan oleh Tuhan (mungkin juga tidak percaya dengan adanya Tuhan itu sendiri), mereka dengan karunianya (kecerdasan mereka) terus mencari tahu dengan penelitiannya itu malah akan membawa mereka kepada sesuatu yang mereka tidak percaya itu sendiri yaitu TUHAN. Pemikiran2 ini cukup membuat bulu kuduk saya berdiri. Karena saya juga takut salah, kadang saya juga berpikir siapa tahu para ilmuwan itu benar dan terbukti tidak ada Tuhan, tetapi saya mau buang pemikiran seperti itu jauh2 karena saya yakin akan Tuhan kita Yesus Kristus.

    Tetapi bagaimana orang lain yang imannya belum kuat? Maka dari itu saya mau bang Lian disini berperan. Mungkin abang mempunyai pendapat sendiri atau memang ada materi2 pendukung untuk hal ini, yang pasti aku sangat berharap bang Liang mengulas tentang hal ini, karena hal ini sangat menarik mungkin bukan hanya bagi aku tapi bagi orang lain juga dan mungkin dapat membantu teman2 kita supaya imannya lebih kuat lagi di dalam Kristus.

    Sebenarnya banyak sekali hal yang ingin aku tulis di sini, tapi ada baiknya kita bahas satu per satu saja yah….biar gak pusing hehehe….Bang Liang tolong dibahas yah…awas kalo nggak! Hehehe…Thx abang.

Leave a Reply

