…ber …ber …ber, sekarang sudah memasuki bulan berakhiran “…ber” (september, oktober, november dan desember, artinya perlu kembali dipersiapkan datangnya musim penghujan. Persiapkan apakah atap ada yang perlu diperbaiki/diganti agar tidak terjadi bocor, persiapkan membeli ember baru untuk menampung jika ada kebocoran didalam rumah karena ember yang lama sudah ikutan bocor, persiapkan kebersihan parit dan selokan agar tidak menghambat aliran air pembuangan rumah tangga.

 

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, persiapkan juga segala sesuatunya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan. Bagi yang menggunakan motor, selain kelengkapan motor perlu dipersiapkan juga jas hujan. Agar disepanjang perjalanan baik itu berangkat atau pulangnya tidak terlalu terhalang oleh air hujan, apalagi smpai basah-basahan. Gunakan jas hujan yang mudah dan nyaman pemakaiannya, lebih baik dari bahan yang lentur namun tidak mudah sobek, sebaiknya gunakan warna yang terang – apalagi penggunaan dimalam hari agar terlihat oleh pengendara yang lainnya dan perhatikan juga agar tidak menggunakan jas hujan model Superman… karena bisa membahayakan diri sendiri karena tersangkut di gir roda atau berkibar-kibar kesamping-kebelakang membahayakan pengendara lainnya.

 

Jika datangnya musim penghujan bisa kita ketahui (meski hanya prediksi/kebiasaan yang tidak terlalu pasti) dan kita mempersiapkan segala sesuatunya.. demikianlah hendaknya dengan keseharian rutinitas hidup kita. Kita memiliki rencana-rencana dan kita berharap agar rencana tersebut dapat berjalan sesuai rencana dengan mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya, dan jika perlu kita periksa ulang apakah persiapan itu sudah lengkap semuanya. Kita tidak tahu dengan pasti apa yang akan terjadi di depan nanti namun kita beriman bahwa perlindungan dan penyertaan Tuhan itu beserta kita, Imanuel.

 

Mulailah segala sesuatu dengan doa dan ucapan syukur kepada Tuhan Yesus Gembala yang Baik, harapkanlah perlindungan dan penyertaannya sepanjang sisa hidup kita. Bagian kita juga, usahakanlah sedemikian rupa untuk dapat mempertanggung jawabkan kehidupan kita setiap saat dengan benar dalam terang firmanNya.

 

 

Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat, I Petrus 3:15