main-12b3

 

(Yes. 43:2, “Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.”)

 

ALLAH MENYERTAI ORANG PERCAYA – Yesaya 43:1-7

 

1. Siapakah Allah?

Di dalam perikop ini kita dapat menemukan siapakah Allah itu (setiap kata kerja yang ber-awal-an ”me”), yaitu:

a.   Sebagai Allah yang Mencipta (Ayat 1, 7) yang membentuk, menjadikan dan menjadi pemilik atas segala yang diciptakanNya.

b.   Sebagai Allah yang Menyertai (Ayat 2, 5), sehingga orang percaya “tidak dihanyutkan, tidak dihanguskan” oleh kondisi apapun di dunia ini.

c.   Sebagai Allah yang Mahakudus (ayat 3, 4, 7) menjadi Juruselamat yang mengasihi dan menebus umatNya dari dosa dan kuasa iblis.

2. Siapakah Orang Percaya?

Di dalam perikop ini kita dapat menemukan siapakah orang percaya, yaitu:

a.   Dicipta, dibentuk, dijadikan

b.   Disertai, sehingga orang percaya “tidak dihanyutkan, tidak dihanguskan” oleh kondisi apapun di dunia ini.

c.   Dikasihi dan ditebus dari dosa dan kuasa iblis.

 

3. Bagaimana Allah menyertai orang percaya?

Allah menyertai orang percaya melalui:

a.   Firman-Nya (Alkitab), Di dalam Alkitab kita dapat menemukan ayat-ayat penghiburan di dalam kesedihan dan kesesakan, ayat-ayat yang memberikan kekuatan baru dalam menghadapi pergumulan/permasalahan hidup yang terus menekan, dan melalui firmanNya – Allah berbicara secara pribadi kepada anak-anakNya. Menyatakan kehendah dan rencananya yang mulia.

b.   Roh Kudus, yang menolong, menghibur dan membimbing orang percaya senantiasa.

c.   Melalui Ibadah dan Persekutuan yang diadakan gerejaNya. Tempat dimana setiap orang percaya dibangun, didewasakan dan bertumbuh didalam imannya. Diperlengkapi dalam pelayanan terhadap sesama orang percaya lainnya.

Adakah hal lain yang dapat diandalkan kecuali mengandalkan Tuhan Yesus yang senantiasa menyertai anak-anakNya, di segala situasi dan kondisi apapun. Maka mari kita datang kepada Tuhan Yesus dan mohonkan penyertaanNya dalam sepanjang hidup kita semua.

Tuhan Yesus memberkati.