plan2Bulan Desember merupakan bulan terakhir di dalam satu tahun kalender. Hari ini tanggal 15/12, kita telah semakin jauh memasuki bulan Desember ini dan itu berarti akhir tahun 2008 semakin dekat. Tinggal 16 hari lagi maka kita akan memasuki tahun 2009.

Nah belum terlambat, sekarang waktunya untuk mengevaluasi hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang 2008 dan merencanakan hal-hal apa yang akan kita lakukan di tahun 2009 mendatang. Hal-hal yang dievaluasi dan akan dilaksanakan bagi masing-masing orang belum tentu sama, tergantung orang tersebut menempatkan prioritas hal/kegiatan tersebut.

Berikut hal yang dapat dievaluasikan, misalnya:

1.       Keluarga; bagaimana ‘bahtera’ itu menyeberangi lautan gelombang 2008? apakah kasih sayang terpelihara dengan baik antara suami-istri-anak, atau malah ‘mati rasa’? bagaimana juga pertumbuhan rohani di dalam keluarga – jangan ada yang tertinggal.

2.      Keuangan; bagaimana penerimaam uang dan pembelanjaannya? apakah penggunaannya sudah efisien dan bermanfaat atau malah cenderung boros tidak menentu? Pos-pos mana yang perlu diperketat atau diperlonggar? bagaimana pengelolaan aset yang dimiliki apakah dapat difungsikan dengan optimal

3.      Pengembangan potensi; bagaimana kita mengeksplorasi dan memacu membekali diri untuk lebih ‘bernilai’, baik dengan mengikuti pelatihan formal maupun non-formal? Apakah pengembangan itu sendiri ‘berhasil’ atau malah tidak ada faedahnya?

Hal-hal lain yang perlu dievaluasi dan akan direncanakan silahkan ditambahkan. Namun yang penting adalah bahwa melakukan evaluasi dan perencanaan merupakan hal yang penting. Karena melalui hal itu kita dapat bercermin melalui hal-hal yang telah kita lakukan-kerjakan dan hal-hal apa yang akan kita raih diwaktu mendatang.

Perencanaan adalah menetapkan langkah/metode untuk meraih tujuan yang telah ditetapkan, maka mulailah menetapkan tujuan terlebih dahulu. Kemudian kita dalam membuat perencaaan. Ada beberapa ‘tools’ yang dapat membantu, salah satunya bisa menggunakan analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Melaluinya kita dapat mengidentifikasi faktor-faktor strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang) dan threat (ancaman, kendala) baik itu internal maupun eksternal. Kenali dan ‘drive’lah dengan baik.

Ada kata-kata bijak yang mengatakan: “Bila Anda bekerja tanpa rencana, Anda seorang Pesuruh” “Bila Anda membuat Rencana tanpa mengerjakannya, Anda seorang pemimpi” Termasuk kategori manakan kita?

So meskipun tidak semua hal dapat terevaluasi dengan sangat baik, meskipun tidak semua hal yang direncanakan dapat dikerjakan dengan sangat baik, setidaknya kita sudah memulai dan berusahakan melakukan hal-hal itu dengan baik.

 

Selamat mengevaluasi 2008 dan merencanakan 2009.