chronoJam adalah sebuah unit waktu. Lama sebuah jam adalah 1/24 (satu perduapuluh empat) hari. Satu jam bisa dibagi menjadi unit waktu yang lebih kecil lagi. Satu jam terdiri dari: 60 menit atau 3600 detik

Jam juga dapat berarti “benda penunjuk waktu”. Beberapa bentuk dan jenis jenis jam misalnya: Jam tangan/arloji, Jam dinding, Jam saku, Jam weker, Jam matahari, Jam atom, Jam digital, Jam analog.

Jam tangan adalah penunjuk waktu yang dipakai di pergelangan tangan manusia. Jam tangan (arloji) elektrik pertama kali diperkenalkan pada tahun 1957 di Lancaster, Pennsylvania, Amerika Serikat oleh Hamilton Watch Company. Penelitian untuk menghasilkan arloji elektrik tersebut telah dimulai sejak tahun 1946. Namun pada tahun 1969, Hamilton Electric Obsolete menghentikan produksi arloji elektrik tersebut karena telah menemukan teknologi yang lebih canggih sesuai dengan kemajuan zaman. (http://id.wikipedia.org/wiki/Jam_tangan)

Jam tangan juga dapat menjadi salah satu dari sekian banyak perhiasan yang sangat digemari banyak orang baik itu karena bentuknya, warnanya, suaranya, harganya ataupun desainnya. Di zaman sekarang ini kita bisa dapati ratusan bahkan ribuan tipe jam tangan dengan warna dan bentuk yang berbeda dari berbagai merk.

Sabtu lalu 3/12/08 setelah kumpul-kumpul dalam acara ‘akekahan’ seorang rekan kami, seorang sahabatku sejak kelas 2 SMA tiba-tiba menghentikan kendaraan yang kukendarai sambil menyerahkan sebuah kotak dan berkata “sorry belom dibungkusin kertas kado”, kataku “o ya, sip. Makasi ya”, sambil terus memajukan kendaraanku. Anak-anak berkata “dibuka ya pa..” “ya, silahkan kataku”. Ternyata isinya sebuah jam tangan.

Tak berapa lama kemudian kulihat kendaraan rekanku akan melintas, kulambaikan tangan dan mengatakan terima kasihku untuk pemberiannya “thank u Son..” (panggilannya). Mulai hari itu di tangan kiri kukenakan jam tangan pemberiannya, sebagai penunjuk waktu dan menghiasi lengan yang beberapa waktu tidak mengenakan jam tangan karena jarum utamanya macet.

 

Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu. Wahyu 3:3