Apa saja tanda-tanda sebuah hubungan mulai tidak sehat? Mengutip dari Yahoo! Personals UK, ahli hubungan percintaan Match.com Kate Taylor akan memberitahu Anda hal-hal yang perlu diwaspadai pada awal-awal kencan.

Semua tanda-tanda awal tentang masa depan hubungan sebenarnya sudah dapat diketahui sejak tiga bulan pertama hubungan dijalin. Jadi ingat-ingatlah kembali masa lalu hubungan Anda.

Setiap hubungan yang buruk memiliki tanda peringatan dini yang berbunyi, “Batalkan misi!” dalam waktu 90 hari pertama. Yang harus dilakukan adalah Anda tahu apa yang sedang dihadapi. Ini dia!

Bohong
Berbohong — dalam bentuk apa pun — dapat menjadi semacam peringatan dini. Ah tidak pernah! Tapi itu akan terjadi. Bahkan jika pasangan tidak membohongi Anda, jangan gampang digombali: penipuan adalah cara mereka untuk melalui masalah kehidupan.

Di akhir hubungan dengan seorang pembohong, Anda akan merasa terluka dan bingung, selalu ingin mengulang kembali hubungan di pikiran Anda, mencoba untuk menyaring mana yang memang benar di balik semua kebohongannya. Manusia hanya memiliki waktu 24 jam yang sangat berharga dalam satu hari. Apakah Anda ingin menghabiskan waktu Anda hanya untuk itu?

Kasar
Perhatikan bagaimana pasangan kencan Anda memperlakukan pelayan di bar atau restoran. Apakah mereka ramah dan tenang , atau cenderung menghina dan agresif? Jika yang terjadi adalah yang terakhir, jangan pernah mau bertemu lagi dengan mereka kecuali Anda siap untuk diperlakukan seperti itu di kemudian hari. Dengarkan juga saat mereka membicarakan rekan kerja, teman dan keluarganya. Jangan mudah tersanjung jika dia mengaku mencintai dan menghargai Anda lebih dari yang lainnya. Cepat atau lambat, Anda akan medapatkan keangkuhan darinya.

Pelit
Semua keburukan yang ada hubungannya dengan uang pada masa-masa awal hubungan tidak akan berujung bahagia. Jika seorang pria memaksa Anda untuk berbagi tagihan saat kencan pertama, itu berarti dia tidak memikirkan jangka panjang. Dia lebih mengutamakan dompetnya daripada menarik perhatian wanita. Cari yang lain!

Saya tidak mengatakan bahwa Anda hanya boleh mengencani jutawan. Jangan salah membedakan antara penghematan dan pelit. Pria dapat mengajak Anda pergi piknik dengan hanya bermodalkan Rp 65.000 namun dia menghabiskan banyak waktu untuk mempersiapkan makanan hanya untuk membuat Anda tersenyum. Itu tidak ternilai harganya.

Amarah
Apakah pasangan Anda mudah marah? Apakah dia mengamuk di tengah kemacetan? Apakah dia suka meluapkan emosi mereka di forum Internet, menggunakan bahasa yang kasar, atau membicarakan tentang kekerasan yang pernah dia lakukan di masa lalu? Jika itu yang terjadi, segera menjauh. Suatu hari nanti, rasa amarahnya yang tidak bisa dikendalikan akan menimpa Anda.

Menyatakan dengan cepat
Mereka yang benar-benar menyukai Anda tidak akan cepat-cepat menyatakan cintanya karena mereka khawatir akan membuat Anda menjauh. Mereka akan merayap secara perlahan, melakukan hal-hal yang indah kemudian mulai pemanasan untuk pembicaraan yang lebih jauh mengenai pernikahan, anak-anak, rumah di pedesaan. Nah, sedangkan mereka yang layak untuk didepak adalah mereka yang membicarakan hal-hal tersebut pada kencan pertama.

Mereka akan sangat menyanjung Anda, menggunakan bahasa yang telah mereka desain untuk membuat Anda merasa berarti: “Kamulah satu-satunya untukku, aku belum pernah merasakan ini sebelumnya, aku lebih baik mati kalau tidak ada kamu.” Jika kamu sudah lama melajang, godaan seperti ini pasti akan memikat hati, namun tetap waspada.

Dengarkan suara hati: jika apa yang dibicarakannya sangat mustahil terjadi, jangan percaya. Jangan lupa perhatikan aksi mereka. Apakah mereka terlihat seperti melangkah maju? Apakah semuanya berjalan sangat cepat? Apa dia memiliki sejarah putus pertunangan atau pernikahan singkat? Jika ya, segera banting setir. Mungkin Anda sedang berhubungan dengan orang yang anti-komitmen atau malah seorang penyiksa.

Jadi korban secara mental
Seseorang yang menyalahkan semua orang atas semua masalah yang dihadapinya akan sangat menyiksa hidup Anda. Untungnya orang seperti ini mudah dikenali pada saat kencan pertama: jika mereka terlambat, mereka akan menyalahkan keterlambatannya itu pada yang lain, seperti kemacetan, cuaca, Anda. Dia akan banyak terlibat masalah dengan banyak orang, mungkin tuntutan hukum dengan bekas rekan atau tempat kerja, atau mungkin dia tidak memiliki hubungan yang baik dengan keluarganya. Jika berbicara tentang hubungan cintanya di masa lalu, dia selalu menyalahkan para mantannya. “Aku ini terlalu gampang percaya, aku percaya mereka terlalu lama.”

Hal-hal buruk pasti menimpa kita, namun akan lebih baik jika Anda mencari pasangan yang mau mengakui kesalahan dan mau berusaha mengatasi masalahnya. Jangan mudah percaya cerita kecuali Anda mau terjebak di dalamnya, selamanya.

 

http://id.berita.yahoo.com/waspadai-hubungan-cinta-anda-.html