“SEHAT ITU MAHAL”, salah satu istilah yang mungkin sekali sering kita dengar atau ucapkan. Untuk menjaga atau memelihara kesehatan memerlukan kedisplinan dalam hal makan, minum, istirahat dan berolah raga. Apalagi kalau sakit… biaya konsultasi kesehatan atau berobat mahal. Memang sih mahal itu relatif, namun perlu diakui bahwa nominal untuk biaya berobat itu mahal, sehingga agar “masyarakat miskin” dapat menikmati pelayanan kesehatan maka pemerintah mengeluarkan program Jamkesmas.

Jamkesmas singkatan dari jaminan kesehatan masyarakat, merupakan suatu program yang dibuat pemerintah untuk menjamin kebutuhan kesehatan bagi masyarakat kurang/tidak mampu. Jamkesmas ini sebenarnya bukan suatu program baru, program ini melanjutkan program terdahulunya yaitu askeskin dan kartu sehat yang semuanya memiliki tujuan yang sama, untuk menjamin pembiayaan kesehatan masyarakat miskin. Data keluarga miskin yang berhak sebagai peserta jamkesmas ditentukan oleh pendataan dari BPS / Biro Pusat Statistik  dan mekanisme di lapangan diserahkan lewat Kelurahan, RW dan RT. Bagi masyarakat mampu, jangan laa “pura-pura miskin” menjadi peserta Jamkesmas hanya untuk mendapatkan jatah bagi masyarakat yang kurang mampu. (malu dong…)

Saya pribadi bersyukur mendapatkan fasilitas kesehatan dari kantor, meski untuk beberapa kriteria penyakit tidak termasuk/tercover dalam fasilitas kesehatan tersebut.

Sakit atau mengalami maslah kesehatan itu sangat tidak menyenangkan karena kita menjadi terbatas dalam beraktifitas baik itu di rumah, di lingkungan kerja dan lingkungan lainnya. Kemarin Selasa 1/5/12 sepulang kantor saya “tepar”, namun saya bersyukur setelah beristirahat dapat kembali lagi beraktifitas meski dalam tahap pemulihan.

Terima kasih untuk kasih sayang dan perhatian dari istri, anak2 dan orang tua/mertua. Di atas itu, bersyukur kepada Tuhan yang memeliharaku.

Maka : JAGA KESEHATAN UNTUK MASA KINI DAN MASA YANG AKAN DATANG

 

 

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. Yeremia 33:6