Memang benar ayat yang berkata bahwa “Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.” .(Matius 26:41 Markus 14:38).

airmata1Tampak fisik sehat dan kuat, bersuara lantang, selalu terkesan tegas dan hal-hal lain yang ‘macho’.. namun ada sisi dalam hidupnya yang mudah sekali rapuh. Ada juga yang tampak kerohaniannya sehat, kuat dan menjadi sesuatu bagi orang lain.. namun kemanusiaan/kedagingannya mudah sekali jatuh bahkan bisa jadi hingga tergeletak tak berdaya.

Didalam sisi kuat disana juga ada kalanya terdapat sisi lemah. Setiap aspek pribadi terdapat kadar kuat vs lemah, namun dalam porsi yang berbeda-beda setiap orang; hal ini menurut saya bisa berdasarkan waktu, tempat, situasi dan kondisi yang bersangkutan.

Namun “celah” antara kuat vs lemah.. disanalah peluang untuk tidak lagi mengandalkan diri sendiri dan menuju kepada mengandalkan TUHAN sebagai sumber segala sesuatu. Keadaan kuat vs lemah setiap orang yang berbeda-beda bukanlah agar yang kuat menindas yang lemah dan yang lemah selalu menjadi korban, namun agar salainig melengkapi dan mengukatkan satu dengan yang lain.

Setiap pribadi perlu sekali menyadari bahwa ia mempunyai kelemahan-kelemahan yang ketahui, mungkin ada juga kelemahan yang tidak ketahui maka memerluakan orang lain untuk melihat dan memberitahukan kepadanya.

Saya bersyukur untuk ‘teman-teman kuat’ yang selalu berada disekitarku yang menolong dan memotivasiku agar lebih baik lagi. Kubersyukur juga tuk kesempatan menolong jika ada ‘teman-teman lemah’, karena disana kita bias menjadi sesuatu baginya.

Lebih dari itu semua yaitu bahwa “TUHAN penuh KUASA”.. kuasaNYA memelihara hal-hal kuat-lemah agar berjalan seiringan dengan baik.

Aku pernah jatuh… tidak ada yang tahu, karena aku tidak memberitahukannya. Dan itu masa alalu yang pernah menggangguku dengan luar biasa. Kini aku bisa bangkit karena ada Tuhan yang mendengar jeritan hatiku dan ada rekan-rekan yang peduli-berdoa serta memotivasiku tuk bangkit dan dan berjaga-jaga agar tidak jatuh lagi.

Aku mau lagi berjaga-jaga, kita harus lagi lebih berjaga-jaga,.. agar kehidupan yang akan datang lebih baik dari masa lalu.

Rekan-rekan mungkin ada yang sedang ‘lemah’… datanglah kepada TUHAN, IA akan merangkulmu kembali dan menolongmu.

Syair berikut memberkatiku.. semoga memberkati rekan-rekan juga.

“Tertindih beban berat, Dosa dunia menjerat
Lalu kudatang pada Yesus, Dia ubah sluruh hidupku
Bertemu juru selamatku, Sejak Dia sucikanku
Ku tak mau henti puji Dia, Kupuji Tuhan slamanya

Dia jamah o Dia jamah, Dia bri damai di hatiku
Semua tlah berubah dan aku tahu, Dia jamah kujadi baru”

-Yesaya 42:3 Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskannya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkannya,