Dear abang Lian,

Ini yah abang pertanyaannya :

1)      Abang, bisa tolong ceritakan tentang diri abang, keluarga, pekerjaan, motto hidup dll

Nama orang tua : B.M. Sinaga dan N.C. br. Malau. Saya terlahir di Jakarta, 30-12-1972 dengan nama lengkap Salamat Yunus Parulian Sinaga. Putra pertama dari 5 (lima) bersaudara.

Sudah menikah dengan Gina Nurma Rumondang br. Tambunan dan dikaruniai oleh Tuhan 3 (tiga) anak. Bekerja mengepalai IT di salah satu perbankan Indonesia. Dan pelayanan di GKAI (terutama GKAI Ciputat) dan pelayanan mahasiswa-Alumni. Motto : “Aku berharga dan mulia di mata Tuhan” .. (Yesaya 43:4)

2)      tema Gereja kita tahun ini adalah Jemaat Missioner yang sedia diutus. apa sih Missioner itu sendiri?JesusIsGod

Missioner adalah pribadi Kristen (orang yang telah mengalami pembaharuan hidup didalam Kristus dan firmanNya) yang melakukan tindakan memberitakan bahwa keselamatan hidup hanya di dalam nama Tuhan Yesus.

3)      Seberapa pentingkah tugas missioner ini sebagai anak Kristus?

Jika kita kembali merenungkan definisi missioner di atas maka tugas missioner adalah gaya hidup. (namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.  Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah  yang telah mengasihi aku s  dan menyerahkan diri-Nya untuk aku. – Gal 2:20). Konotasi tugas adalah beban, sedangkan gaya hidup adalah sesuatu yang ringan dan menyenangkan..

4)      menurut abang apa yang harus dimiliki atau dipersiapkan jemaat untuk menjadi seorang missioner yang siap diutus?

Menjadi missioner bukan hal yang memberatkan dan menakutkan. Sesungguhnya saat kita menyerahkan hidup yang total dalam pimpinanNya.. saat itu Roh Kudus akan menggerakkan (men-drive) hidup kita untuk menyatakan sukacita dan damai sejahtera keselamatan atas dosa melalui kematian Tuhan Yesus di kayu salib. Mengikuti teladan Kristus (Yoh 13:15) seperti Paulus dan saksi2 iman lainnya (1 Kor. 11:1; Yak. 5:10; Ibr. 13:7)

5)      Apakah ada pengalaman pribadi abang yang berhubungan dengan tema ini?

Tema GKAI Ciputat 2013 mengingatkan aku akan “cinta mula-mula”; saat Tuhan memanggil, memperlengkapi dan melayakkan aku melayani Dia. Melibatkan diri dalam pekabaran Injil semasa mahasiswa.

Jika saya dapat menyelesaikan jenjang M.Th, aku hanya rindu belajar lagi dan diperlengkapi dalam pengetahuan dan firmanNya. Meski ada juga orang2 sekitar yang pesimis dan meragukan pendidikan teologia yang kuselesaikan.. itu bukan masalah bagiku. Karena masih ada orang lain yang mau membuka hatinya diperbahuri hidupnya melalui pemberitaan yang kusampaikan.

Menjadi pribadi yang missioner tidak selalu dalam konteks yang terlalu luas seperti harus sekolah teologia atau menjadi utusan Injil ke daerah2 pedalaman. Saya dan istri masih berupaya menginjili keluarga kecil kami.. anak-anak yang Tuhan percayakan agar dapat menerima Kristus dan hidup merekapun dipakai Tuhan dalam lingkup mereka.

Jika ada yang bersedia melayani lebih lagi di gerejaNya itu baik, diperlengkapi di sekolah teologia itu juga keputusan yang baik, menjadi utusan misi injil melalui LSM/NGO dan gereja itu juga baik. Asalkan dilakukan dengan sepenuh hati dan bersukacita.

Selamat menjadi Misioner yang Sedia diutus. Amin

Kalo bisa dengan ayatnya juga boleh abang… pertanyaannya ga terlalu banyak… takutnya nnt ga muat madingnya hehehe…

Makasih abang