make a wishRabu 10 Juli 2013 menjadi hari puasa pertama bagi sebagian besar masyarakat muslim di Indonesia, meski dalam kelompok lain ada yang sudah terlebih dahulu memulai puasa pada hari-hari kemarin. Melalui http://id.wikipedia.org/wiki/Puasa kita dapat menambah wawasan hal-hal sehubungan dengan puasa. Secara umum puasa adalah suatu upaya ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa menurut agama/kepercayaan masing-masing dengan membatasi diri atau bahkan tidak melakukan hal-hal rutin seperti : tidak makan dan minum pada suatu waktu tertentu, tidak melakukan aktifitas rutin pada suatu waktu tertentu. Ada yang orang melakukan puasa untuk membayar nazar/janjinya kepada Tuhan, ada juga dengan alasan sebagai upaya untuk mendapat sesuatu dari apa yang dipercayainya.

Sepengetahuan saya kegiatan puasa ada di banyak kepercayaan/agama yang ada, namun perbedaannya adalah ada yang diwajibkan dan ada pula yang tidak diwajibkan. Dalam menjaga kesehatan juga menjadi salah satu alasan orang berpuasa, misalnya : seseorang berpuasa makan/minum suatu jenis makanan/minuman dalam rangka memelihara kesehatan, ada pasien yang akan di operasi karena suatu penyakit diwajibkan melakukan puasa sebelumnya.

Bagi saya, berpuasa adalah kesempatan beribadah kepada Tuhan secara khusus. Yang diisi dengan ingatan-ingatan akan kebaikan dan pemeliharaan Tuhan, dengan berdoa dan memuji-muji Tuhan, pemahaman bahwa kehidupan yang sedang kita jalani seharusnya dilakukan dengan penih tanggung jawab kepada Tuhan melalui seluruh aspek hidup dan profesi yang sedang kita jalani, dan mengimani semakin dewasa bahwa Tuhan adalah segala-galanya.. Tuhan-lah sumber dan segala sesuatu akan kembali kepada Dia. Selamat menjalankan ibadah puasa kepada semua keluarga dan rekan muslim, kiranya rahmat dan kebaikan Tuhan Yang Maha Esa memberkahi ibadahnya.