Merupakan hal yang membahagiakan jika kita mengetahui bahwa ada orang lain yang mendoakan kita. Baik itu orang tua, pasangan hidup, saudara, anak, sahabat, rekan, dan mungkin juga orang lain yang tidak termasuk dalam kelompok tersebut. Menghadapi masa depan yang tidak tentu tidak ketahui, mungkin sekali ada duka-suka, sehat-sakit, senang-susah, kebersamaan dengan orang yang dikasihi-merasa sendiri dan lain-lain… menjadi sukacita jika mengetahui bahwa kita tidak sendiri dan bahkan ada orang-orang yang mendoakan kita. Doa menjadi kekuatan yang tidak terbatas dan membuat kita semakin optimis dimasa sekarang dan juga dimasa mendatang.

Sebelum Tuhan Yesus ditangkap, disiksa dan disalibkan.. Tuhan mempersiapkan murid-muridNya dengan doa yang dapat kita baca dalam Yohanes 17 secara utuh. Tuhan Yesus Kristus tahu masa yang akan datang, hal-hal yang akan mendukakan dan menyerang kehidupan murid-muridNya dan Ia berdoa secara khusus bagi murid-muridNya agar mereka terpelihara dalam kasih Bapa.

Saya tidak tahu apa yang akan terjadi dalam keseluruhan hidup saya nanti dan mendatang. Saudarapun tidak tahu apa yang akan terjadi dalam kehidupan saudara nanti dan mendatang. Namun satu hal yang PASTI, Tuhan Yesus tahu dan ia teramat peduli kehidupan saya dan saudara kemarin, sekarang, nanti dan mendatang.. dan Ia berdoa juga untuk kita, agar kita terpelihara dalam kasih Bapa.

INGAT !!! Bersyukur dan berharaplah senantisa kepada Tuhan Yesus. Dia mengasihi kita semua. Terpujilah Tuhan Yesus, kekal selama-lamanya.