Yesaya 43:2 “Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.”

ooSetiap orang ingin hidupnya bahagia, tidak ada yang menginginkan ada ketidakbahagiaan didalam hidupnya. Setiap orang ingin optimis akan masa depannya dan tidak dibebankan oleh hal-hal yang memberatkan hidupnya. Setiap orang punya masa lalu dan masa lalu itu adalah bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan yang dijalani; ada yang masa lalunya membahagiakan dan ada pula yang masa lalunya menyedihkan.

Baik masa lalu, masa sekarang dan juga masa mendatang… adalah masa yang misteri, masa yang menjadi rahasia. Setiap orang hanya menjalaninya, suka atau tidak suka. Dan hanya Tuhan yang mengetahu dengan pasti dan jelas dalam pandanganNya… baik masa lalu, masa sekarang dan juga masa yang akan datang.

Saatku bercermin, mengingat siapa sesungguhnya diriku dulu dan siapa sesungguhnya diriku sekarang; tidak ada yang baik. Keinginan berbuat baik yang kuinginkan namun perbuatan jahat dan tidak baik yang kulakukan. Kalaupun menurut orang lain “ada kebaikan” dalam hidupku, itu merupakan anugerah Tuhan semata-mata. Sunguh tidak ada yang daapt kulakukan untuk dapat melakukan kebaikan.

Aku manusia berdosa, yang jahat dan layak untuk dihukum karena tidak ada kebenaran dalam kehidupanku. Namun aku sangat-sangat mensyukuri kasih Tuhan Yesus-ku terlampau ajaib untuk dideskripsikan. Ia rela tebus dosaku, tahirkan/layakkanku dan mengangkatku menjadi salah satu pribadi di dunia ini yang dikasihiNya.

Hal ini membuatku optimis menatap dan berani menyongsong hari depan yang meski masih misteri dan rahasia, karena penyertaan Tuhan pasti. Saya sangat percaya itu. Tidak ada lagi hal yang dapat merebut kebahagiaku.

Adakah kesedihan Saudara ? Berbahagialah dan nikmati hidup ini karena kasih Tuhan cukup bagi setiap pribadi; bagi saya juga bagi Saudara. Kiranya kebahagian menjadi bagian hidup kita semua. Amin