Kota Jakarta sebagai ibukota Negara Republik Indonesia, kota pusat pemerintahan, kota metropolitan, kota pusat bisnis dan niaga.. juga atribut-atribut kota lainnya yang menunjukkan bahwa Jakarta adalah kota yang penting di Negara ini.

Banyak orang dari berbagai latar belakang datang ke kota Jakarta untuk mencari studi, bekerja dan tinggal. Hal ini mengakibatkan percampuran berbagai latar belakang tersebut tidak dapat terhindari; seperti percampuran antar bangsa, budaya, gaya hidup bahkan juga kepercayaan atau agama yang dianut.

spons‘Spons’ adalah suatu alat pembersih yang berpori untuk menyerap air. Spons menyerap air dimana ia diletakkan, menyimpan air tersebut didalam dirinya. Jika air yang serap tersebut bening dan bersih maka ia akan menyimpan air bening dan bersih itu didalam tubuhnya. Demikan juga jika air yang serap tersebut kotor dan berbau maka ia akan menyimpan air kotor dan berbau itu didalam tubuhnya.

Air yang terserap bening dan bersih akan baik bagi dirinya namun air yang terserap tersebut kotor dan berbau maka merugikan dirinya dan juga sekitarnya.

Melalui Kolose 2 : 6, 7 kita diingatkan identitas kita yang baru, sebagai pribadi yang telah menerima Kristus Yesus sebagai Tuhan ada tugas/fungsi baru yang harus dikerjakan dan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan, diri sendiri serta lingkungan; yaitu:

a)      hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. – Sekali menerima Kristus maka selamanya tetap di dalam Kristus. Tidak bergeming oleh karena daya pikat dunia yang semu dan menyesatkan, membuat kita semakin jauh dari kasih karunia Tuhan dan malah menuju kepada kebinasaan kekal.

b)      Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, – Waktu lepas waktu disepanjang kehidupan yang dijalani semakin dalam pengenalan akan rencana Tuhan melalui firmanNya yang penuh kuasa.

c)       hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan – melalui tantangan dan hambatan yang menyerang kiranya iman kita semakin teguh melaui pengajaranNya baik dalam persekutuan pribadi maupun persekutuan dengan saudara seiman.

d)      hendaklah hatimu melimpah dengan syukur. – di dalam perjuangan hidup yang tidak mudah ini, di dalam identitas yang baru.. kita dituntut untuk tetap setia dan benar; hanya hati yang berlimpah dengan syukur yang dapat membuat kita nyaman melaluinya. Berserah padaNya maka akan ada kekuatan dan jalan keluar atas segala tantangan.

 

Melalui kehidupan yang dihidupi dengan kuasa roh Kristus dan firmanNya, hidup kita tidak menjadi seperti ‘spons’ yang menyerap kondisi sekitarnya, entah itu baik ataupun tidak baik. Mudah dipengaruhi, dikotori dan dikendalikan oleh lingkungan sekitarnya.

Kolose 2 ayat 6 dan 7 mendesak kita menjadi pribadi yang menolak ketidakbenaran, menjalani hidup dengan sungguh-sungguh serta bertanggungjawab, tidak mudah terpikat tipudaya dunia dan iblis, semakin teguh dewasa dan juga bersyukur senantiasa untuk pembentukanNya dalam hidup kita.