PENGANTAR

Ada 5 perayaan agamawi Kristiani, yaitu : Kelahiran Tuhan Yesus Kristus atau disebut Natal, Kematian atau disebut juga Jumat Agung, Kebangkitan dari kematiannya yang disebut Paskah, KenaikanNya ke Sorga dan Turunnya Roh Kudus atau disebut Pentakosta. Perayaan memperingati ke-5 hal tersebut adalah sangat baik sekali. Selain penting dari sudut pandang penetahuan sejarah.. juga bagi banyak umat dengan merayakan/memperingati peristiwa tersebut menjadi momentum kembali semakin mendekatkan diri dengan Tuhan.

Pengetahuan bahwa Yesus Kristus mati pada hari Jumat Agung dipahami oleh banyak orang di dunia ini. Namun peristiwa Yesus Kristus bangkit dan hidup.. banyak orang yang menolak peristiwa tersebut apalagi mengimani bahwa Yesus Kristus sungguh-sungguh bangkit dari kematian dan hidup kekal selama-lamanya. Pada waktuNya kelak Ia kan datang kembali menjemput para salehNya untuk bersama-sama dengan Dia di Sorga yang kekal.

1 Korintus 15:14 (Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu.).. Ayat ini menjadi sangat penting dalam iman Kristen… tidak boleh ada keragu-raguan sedikitpun dalam kehidupan orang Kristen.

Sekaligus juga ayat ini menjadi jembatan pembahasan tema pada hari ini.

 

PEMBAHASAN

Filipi 3:7-11 (Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus, dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan. Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya, supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati.)

  • (ay. 9) Diterima oleh Allah bukan berdasarkan kebenarannya melainkan karena pemberian Allah.

Dengan Percaya (Roma 3:21-4:22; Galatia 2:15-3:29; Efesus 2:4-9)

  • (ay. 10) Hidup Mengenal Dia, dengan membangun 3 hal dalam kehidupan yaitu:
  1. Persekutuan (Roma 8:10)
  2. Ketaatan (2 Korintus 4:10)
  3. Pelayanan (Efesus 1:19)
  • Mengambil bagian di dalam penderitaanNya
  1. Melalui baptisan; kematian dari dosa dan kebangkitan dalam kebenaran (Roma 6:1-6; Galatia 2:20; 5:24)
  2. Kesediaan penginjilan (Matius 28:18-20; 2 Korintus 4:7-12; Galatia 6:17; Kolose 1:24)

KESIMPULAN

Paulus memberikan keteladanan meninggalkan segala yang ‘paling’ bernilai menurut dunia dan menyerahkan totalitas kehidupannya kepada Tuhan untuk dipakai sebagai alat penginjilan. Ia mendesak jemaat Filipi dan juga kita untuk memaknai dengan benar kebangkitan Tuhan Yesus serta kembali kembali berkomitmen menjadi alat injil bagi dunia.

Selamat memperingati hari Kebangkitan Tuhan Yesus