Beban buku siswa SD

Kita melihat bahwa anak2 sekarang membawa beban banyak untuk dapat bersekolah. Selain peralatan tulis, untuk 1 mata pelajaran mereka diwajibkan membawa buku catatan, buku latihan, buku tugas, buku paket dan LKS. Jika dalam sehari ada 4 mata pelajaran saja maka anak2 4×5=20 buku. Ditambah dengan makanan minuman dan juga mungkin pakaian pengganti.

Untuk dapat membawa perlengkapan sebanyak itu, aiswa tidak dapat lagi menggunakan tas slempang/ransel karena cukup/sangat berat beban yang harus dipikul maka banyak siswa menggunakan travelling bag yang menggunakan roda untuk meringankan membawa perlengkapan tersebut dan semua buku dapat masuk.

Jam sekolah dimulai 06:30 dan selesai 13:30 atau 14:00. Jika lama perjalanan adalah 15 menit maka siswa akan berangkat jam 06:15 dan tiba di rumah jam 14:15 (dengan catatan tidak ada tambahan belajar atau kegiatan sekolah). Minimal 8 jam berada diluar rumah.

Dua hal ini saja cukup membebani fisik dan waktu untuk anak seusia Sekolah Dasar.

Tolong pembuat keputusan di negara ini dan juga para pendidik dapat melihat kondisi ini dan mengevaluasinya agar anak2 tidak terbebani hal tersebut. Mari orang tua mengupayakan agar kondisi tersebut dapat menjadi lebih ringan bagi mereka.

Semoga terjadi perubahan yang baik bagi anak seusia SD.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s