Beberapa hari belakangan ini semakin terlihat dijalan-jalan persiapan dan keberangkatan orang-orang yang akan pulang kampung atau mudik di waktu libur bersama Idul Fitri 2016. Ada yang menitipkan motornya melalui PT KAI, mobil yang bermuatan tambahan di kapnya, menggunakan motor dan alat transportasi lainnya.

Dibeberapa titik kumpul keberangkatan bis gratis yang disediakan oleh perusahaan  dan instansi-instansi, terlihat rombongan orang-orang yang membawa keluarga dengan perbekalan dalam tas troli, ransel dan kardus menuju tempat bis tersebut terparkir..

Mudik adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Kata mudik berasal dari sandi kata bahasa Jawa ngoko yaitu mulih dilik yang berarti pulang sebentar. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua. (https://id.wikipedia.org/wiki/Mudik).

Selamat jalan saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air Indonesia, selamat dalam perjalanan menuju kampong halaman, berbahagia bersama keluarga yang dijumpai, sehat dan selamat kembali ke kota asal dengan hati yang bergembira.